Transportation Management System (Sistem manajemen transportasi) adalah rangkaian sistem yang dipasang di kendaraan agar dapat dilacak oleh pemilik kendaraan atau pihak ketiga lainnya. Sistem pelacakan kendaraan modern umumnya menggunakan sistem kedudukan sejagat (GPS) untuk menentukan lokasi kendaraan. Selain GPS, sistem ini juga dapat menggunakan frekuensi radio untuk menentukan posisi, seperti yang digunakan pada sistem LORAN dan LoJack. Sistem ini juga biasanya memiliki komponen komunikasi, seperti seluler atau satelit, untuk mengirimkan posisi kendaraan kepada pengguna di tempat lain.

Apa kegunaan dari Transportations Management System ?

  1. Membantu para manajer armada menjadi lebih mudah dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan armada mereka.  Selain itu, manajer armada bisa mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan prestasi seorang pengemudi, biaya perawatan setiap kendaraan, setiap kilometer, ataupun konsumsi bahan bakar setiap kendaraan.
  2. Menghindari curi pakai kendaraan ataupun penggunaan jalur/trek yang tidak seharusnya, yaitu jalur yang dilarang oleh manajer armada karena berbagai alasan.
  3. Mengurangi biaya premi asuransi. Transportations Management System ini bisa mengurangi risiko kehilangan kendaraan karena pencurian, sehingga resiko perusahaan asuransi juga berkurang, dikembalikan ke pelanggan dalam bentuk pengurangan premi.
  4. Untuk melakukan efisiensi dalam rute ataupun percepatan penurunan/pengangkutan muatan dengan adanya fasilitas geofencing. Dengan fasilitas ini maka pengawas bisa mengetahui lebih awal adanya armada yang akan masuk gudang, sehingga bisa mempersiapkan pelaksanaan bongkar muat lebih dini.

Kelebihan dari  Transportations Management System? 

  • Meningkatkan layanan terhadap customer

Dengan menggunakan Transportations Management System, konsumen akan mendapatkan informasi tracking kendaraan secara real time, proses auto pick-up, jaminan asuransi dan perhitungan transportasi berdasarkan kebutuhan yang bisa diatur. Dengan demikian, konsumen akan mendapatkan biaya yang dikeluarkan secara tepat dan juga mendapatkan informasi tentang status pengiriman di notifikasi yang diberikan secara otomatis.

  • Meningkatkan efisiensi warehouse

Dengan menggunakan Transportations Management System, maka waktu untuk mengatur pengiriman barang akan berkurang karena adanya otomasi logistic sehingga perusahaan  tersebut mempunyai waktu lebih banyak untuk mengerjakan hal lain dan mengoptimalkan warehousenya. Selain itu, Transportations Management System akan diintegrasikan  ke ERP  perusahaan yg terkait  sehingga kesalahan data entry akan berkurang  dan  waktu yang harus diperlukan untuk mengoreksi data entry juga berkurang.

  • Meningkatkan kapabilitas pengiriman barang

Transportations Management System bisa mengoptimalisasi cara perusahaan dalam mengirim    barang. Misalkan ada sebuah perusahaan yang ingin membuat pool point    distribution, sebuah Transportation Management System  dapat membuat  dokumen bill of lading (dokumen  yang membuktikan  pemuatan barang di atas kapal) secara otomatis dan perusahaan tersebut dapat memiliki  individu-individu yang login ke Transportations Management System di lokasi yang berbeda-beda yang nantinya  dapat dikelola oleh satu orang admin.

  • Akses Data secara real time

Ketika data bisa diakses secara real time dan didukung dengan adanya  kemampuan untuk mengolah data menjadi sebuah report, maka akan ada nilai  tambah untuk membuat keputusan bisnis, dan keputusan tersebut akan  menjadi  lebih baik karena sudah di dukung berdasarkan data trend dan history yang  telah terjadi. 

Masih penasaran?

Mau tau lebih lanjut tentang fitur-fitur dan cara kerja Transportations Management System ? 

Dapatkan informasi lebih lanjut dengan cara menghubungi kami di (021) 58351595 atau email kami di info@mixtra.co.id untuk mendapatkan Free Trial!