Jika sudah ada cara yang paling efisien untuk mengontrol dan memonitor seluruh pergerakan armada yang Anda miliki, setiap hari bahkan setiap detik, kenapa Anda masih terjebak dalam mekanisme kerja manual yang serba melelahkan?

Ya, Transportation Management System (TMS) adalah jawaban yang selama ini Anda cari. Dengan menggunakan sistem ini, Anda tidak perlu lagi repot memantau pergerakan setiap tenaga pengemudi secara manual, apalagi harus berkali-kali berargumen soal selisih biaya atau pengeluaran selama perjalanan yang seringkali terjadi di lapangan. 

Berikut merupakan dua perubahan yang akan Anda rasakan setelah mengaplikasikan sistem ini. Masih banyak lagi kemudahan lainnya jika Anda mengubah total sistem operasional perusahaan, seperti yang kami uraikan di bawah ini:

1. Kendalikan perusahaan Anda sepenuhnya melalui satu dashboard.

Terima kasih pada teknologi. Karena kini Anda tidak hanya dapat memantau dari satu tempat saja, tetapi Anda juga memegang kendali penuh atas mobilitas perusahaan Anda, dari A sampai Z. Mulai dari penjadwalan mobilitas sehari-hari, memantau operasional setiap armada di lapangan, mengendalikan ketepatan waktu, pengaturan pengeluaran-pengeluaran di lapangan yang menyangkut biaya bahan bakar dan tol, hingga tahapan evaluasi pasca operasional setiap harinya dan pengambilan kebijaksanaan strategis perusahaan jika sewaktu-waktu terjadi kendala yang tidak terduga. 

2. Akses seluruh data yang Anda butuhkan secara real time.

Dengan teknologi GPS yang terpasang di setiap armada perusahaan Anda, Anda bisa mengetahui dan mengontrol keberadaan armada kapanpun secara langsung. Tracking, meng-update proses penjemputan barang atau penumpang, mengetahui proses delivery hingga ketepatan waktu armada Anda tiba di tujuan. 

Selain itu, karena Anda bisa mengakses seluruh data secara real time, Anda juga bisa melakukan antisipasi kendala atau masalah yang mungkin saja terjadi tepat sebelum masalah tersebut benar-benar terjadi. Dengan demikian, pelayanan Anda terhadap pelanggan setia pun bisa dioptimalisasi.

3. Membantu mengoptimalkan kuantitas SDM di perusahaan Anda.

Jika seluruh alur operasional perusahaan sudah diatur oleh satu sistem otomasi, itu artinya pekerjaan Anda kini sudah jauh lebih efisien, mudah dan efektif. Dan itu artinya, Anda tidak lagi perlu menambah lagi SDM seiring dengan terus berkembangnya perusahaan yang Anda pimpin. 

Transport Management System-lah yang akan sepenuhnya mengakomodasi setiap kebutuhan operasional harian Anda, mulai dari perencanaan, eksekusi di lapangan, hingga tahapan laporan dan evaluasi kerja setiap hari. Seiring perkembangan bisnis perusahaan logistik Anda dari tahun ke tahun, TMS dapat dioptimalkan hanya dengan menambahkan user baru saja. 

Sebagai satu contoh, dalam urusan penagihan kepada pihak klien, TMS bisa diandalkan tanpa peduli berapapun banyaknya pengiriman atau shipping yang dilakukan di setiap lokasi. Kelebihan inilah yang akan memudahkan peran Chief Financial Officer (CFO) di perusahaan Anda. 

4. Menghemat biaya operasional perusahaan secara signifikan

Mengingat segala sesuatunya bisa dilakukan secara efisien berkat sistem otomasi yang juga terintegrasi secara keseluruhan, perusahaan Anda kini dijamin tidak perlu mengeluarkan biaya-biaya tak terduga yang kerap disebabkan oleh human errors. Proses transportasi dan logistik yang dilakukan secara efisien bahkan bisa membuat peluang Anda memangkas pengeluaran yang tidak diperlukan semakin besar, dan meningkatkan laba perusahaan Anda. 

Contohnya, sistem otomatisasi yang sudah diterapkan ini akan dapat membantu Anda mengetahui lebih awal armada mana yang tiba lebih dulu di tujuan sehingga persiapan bongkar muat bisa dilakukan dengan lebih awal. Dengan demikian, Anda bisa memprediksi dengan tepat, menghemat waktu dan memaksimalkan penggunaan jasa perusahaan Anda oleh calon pelanggan. 

5. Tingkat keamanan yang lebih tinggi

Dengan armada yang telah dilengkapi alat pemantau, Anda bisa mengetahui persis keberadaan kendaraan kapanpun bahkan ketika pencurian terlanjur terjadi sekalipun. 

Itu artinya, tingkat risiko yang harus ditanggung perusahaan asuransi kendaraan Anda pasti berkurang dan kompensasi dalam bentuk pengurangan premi pun menjadi hak Anda. Bonusnya, porsi kekhawatiran terjadinya risiko yang selama ini menghantui Anda juga pasti berkurang. 

(dari berbagai sumber)

***