Seperti yang telah kami paparkan pada artikel-artikel sebelumnya, efisiensi adalah faktor keuntungan utama yang akan dirasakan ketika Anda memutuskan menggunakan Transport Management System (TMS) untuk perusahaan Anda. 

Nah, apa saja sih sesungguhnya fitur yang ada di dalam TMS sehingga mampu memberikan efisiensi yang begitu luar biasa dalam operasional perusahaan logistik?

Berikut adalah 3 fitur utama yang perlu Anda tahu lebih jauh:

1.     Optimasi

Dalam hal pemilihan moda transportasi, tentu Anda perlu mempertimbangkan aspek biaya, durasi dan jarak. Sistem TMS telah dirancang untuk dapat memilih armada dengan ketersediaan yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, termasuk optimasi dalam hal rute karena sistem ini memungkinkan Anda untuk melakukan routing yang paling efisien baik dalam hal waktu maupun biaya yang akan dikeluarkan. 

Jika TMS Anda juga dilengkapi dengan Warehouse Management System (WMS), maka data setiap pergerakan yang terjadi di dalam gudang tentu dapat diakses secara real time. Itu artinya, hal ini juga akan membantu Anda lebih cepat mengukur proses inbound/outbound, pergerakan inventory, tracking material, shipment dispatch dan banyak lagi. Itu artinya, Anda akan jauh lebih cepat mengambil keputusan. 

2.      Eksekusi

Pengelolaan data secara digital akan sangat membantu alur pengeluaran biaya atau cost dari hulu ke hilir dengan sangat akurat. Inilah yang memperkuat factor efisiensi dalam penggunaan TMS. Fitur ini didukung dengan adanya Electronic Data Interchange EDI) yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi dengan format yang telah distandarisasi. Dengan tidak lagi menggunakan cara manual yang merepotkan, sangat tergantung dengan catatan di atas kertas, maka sistem kerja Anda kini akan lebih tertata, mudah dievaluasi dan tentu saja, terjamin akurat. 

Karena TMS juga dilengkapi dengan sistem audit yang terintegrasi, maka untuk urusan jejak keuangan di dalam perusahaan juga akan lebih mudah teridentifikasi dengan sangat mendetail. Jika sewaktu-waktu terjadi isu overcharge, fitur EDI akan sangat membantu Anda dalam melacak setiap transaksi. 

3.     Manajemen Performa

Fitur ini memungkinkan Anda menerima informasi apapun yang menyangkut pengelolaan operasional perusahaan sehari-hari dengan lebih mudah dan cepat. Termasuk informasi pengiriman, informasi dari distributor dan juga pelanggan Anda. Semua informasi yang bisa diakses melalui website ini dapat diorganisir secara akurat dan juga real time.

Selain itu pengelolaan pengumpulan data yang didukung dengan fitur business intelligence juga akan memberikan Anda kemudahan, terutama dalam melakukan Analisa di setiap akhir waktu operasional maupun evaluasi berkala setiap bulan. 

Sumber: https://www.linkedin.com/pulse/desain-transport-management-system-tms-artha-nugraha-jonar/?originalSubdomain=id