Jika perusahaan Anda bergerak dalam industri besar seperti logistik atau ekspedisi, pastinya banyak armada kendaraan yang harus dikontrol. Salah satu sistem yang dapat digunakan untuk memudahkan mengontrol armada adalah fleet management system

Fleet Management System berorientasi pada penggunaan alat, software, dan teknologi untuk membantu mengelola serta memonitoring armada logistik seperti truk, mobil box, dan kendaraan lainnya. Berikut manfaat menggunakan Fleet Management System bagi perusahaan.

1. Monitoring armada kendaraan secara real time

Sebisa mungkin perusahaan ingin mengurangi biaya operasional, untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Dengan menggunakan fleet management, perusahaan dapat melihat lokasi armada secara real time. Sistem ini akan memudahkan perusahaan untuk memberitahu terlebih dahulu jika ada keterlambatan pengiriman kepada pelanggan. Supaya tetap menjaga profesionalitas perusahaan dengan pelanggan.

2. Histori perjalanan kendaraan tersimpan, dan dapat diakses kapan saja

Dengan adanya histori perjalanan yang tersimpan dengan rapi, akan memudahkan perusahaan untuk merekap data kembali. Untuk mengurangi kesalahan atau human error yang dapat terjadi. Histori juga dapat diakses kapan saja, dan tidak terbatas hanya untuk satu orang. Semua perubahan jadwal, perubahan rute perjalanan, semua tersimpan dalam satu software.

3. Menghemat biaya bahan bakar

Bahan bakar menjadi salah satu sumber pengeluaran terbesar armada kendaraan. Untuk mengurangi biaya operasional tersebut, fleet management system dapat membantu menghitung penggunaan bahan bakar. Dilacak langsung dari software akan membantu perusahaan memantau langsung bahan bakar yang digunakan kendaraan. 

Investasi dalam sistem software seperti Fleet Management System akan membantu perusahaan Anda dalam jangka panjang. Supaya kedepannya lebih efisien dan teratur dalam mengeluarkan biaya operasional armada kendaraan yang dimiliki perusahaan Anda.