Menggunakan Transport Management System (TMS) untuk perusahaan Anda, terlebih di masa serba cepat seperti sekarang ini memang sudah merupakan sebuah keharusan. Tetapi, tahu pertimbangan apa saja yang harus Anda pikirkan sebelum menggunakan sistem otomatisasi ini juga tidak kalah penting. 

Karena itu, kami akan membantu memudahkan Anda mencari bahan pertimbangan yang paling penting sebelum memutuskan mengintegrasikan perusahaan dengan perangkat lunak TMS pilihan Anda. 

Mudah Diintegrasikan

Inilah proses yang paling rumit dari penggunaan TMS, setidaknya pada tahap awal, hal ini sangat memakan waktu dan tentu saja biaya. Itulah kenapa, kebanyakan perusahaan masih enggan melakukan pembaruan pada sistem TMS mereka terdahulu dan rela terjebak dalam situasi serba terbatas, stagnan, yang akhirnya membuat perusahaan tidak kunjung berkembang. Alhasil, perusahaan terus tertinggal jauh dibelakang sementara perusahaan serupa lainnya sudah melaju pesat dengan berbagai macam kelebihan yang ditawarkan kepada pelanggan.

Karena itulah, pilih penyedia layanan perangkat lunak TMS yang selalu memperbarui diri dengan segala hal yang baru, yang secara konstan melakukan perubahan agar perusahaan Anda dapat terus bersaing ketat dengan kompetitor. 

Dapat Disesuaikan

TMS yang bisa Anda andalkan tentu bukan hanya yang semata mudah diintegrasikan, tetapi juga yang bisa disesuaikan dengan alur dan operasional perusahaan Anda. Tidak peduli perusahaan ekspedisi, kurir ataupun perusahaan jasa penyalur, platform TMS yang akan Anda gunakan harus bisa secara spesifik menjawab setiap kebutuhan perusahaan Anda secara mudah.

User Interface (UI) 

Hal lain yang juga harus dipertimbangkan adalah user interface dari TMS yang akan Anda pilih. Apakah mudah untuk digunakan dan diaplikasikan untuk saat ini? Seperti apakah pengembangan UI di 5 tahun yang lalu? Apakah Anda sudah memiliki bayangan seperti apa UI yang akan digunakan 5 tahun mendatang? Mereka yang baru menggunakan TMS hari ini memiliki pengalaman penggunaan yang berbeda dengan mereka yang baru mulai menggunakan TMS 5 tahun dari sekarang. Jika Anda berencana mengubah sistem setiap 5 sampai 10 tahun, maka ini tidak akan menjadi masalah untuk Anda. Anda akan lebih mudah mengimplementasikan dan mendemonstrasikan sistem TMS Anda.

Aksesibilitas

Jika Anda ingin perusahaan Anda bisa bergerak melampaui keterbatasan lokasi dan Anda ingin mempertahankan server Anda, maka menempatkan server di lokasi perusahaan Anda adalah keputusan yang salah. Itu artinya, Anda tidak akan bisa mengakses TMS berbasis server dari jarak jauh, dan sistem kerjanya juga tidak akan sebersih seperti menggunakan TMS berbasis cloud.

Jika Anda ingin menawarkan user Anda UI yang sama dan mereka bisa mengakses TMS dimanapun tersedia koneksi internet, maka TMS berbasis cloud-lah jawabannya. Selain itu, kelebihannya Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan berbagai sistem lainnya.

Di Mixtra, kami telah mempelajari, membangun dan mengadaptasi berbagai sistem untuk dapat menawarkan sistem TMS yang terbaik dan mampu membawa kemajuan pada perusahaan yang menggunakan jasa kami. Hubungi kami segera untuk mengetahui sejauh apa TMS mampu membawa perubahan dan efisiensi kepada perusahaan Anda. 

(dari berbagai sumber)