Teknologi sudah menjadi bagian dari seluruh aspek kehidupan sehari-hari kita semua. Dan memasuki era revolusi industri 4.0, teknologi akan terus berkembang. Tetapi tidak selalu teknologi menjadi hal yang positif, teknologi bisa juga menjadi sebuah hambatan atau tantangan baru. Terutama di sektor logistik, melihat perkembangannya yang pesat akibat demand supply yang terus meningkat di Indonesia.

Dan perkembangan teknologi akan terus meningkat tiap tahunnya, maka dari itu, sektor logistik harus berusaha lebih keras untuk dapat bertahan di era revolusi industri 4.0 ini. Berikut adalah beberapa tantangan baru yang harus dihadapi sektor logistik di industri 4.0!

Mengembangkan sistem otomatisasi dalam dunia logistik.

Pekerjaan dalam sektor logistik membutuhkan ketelitian yang luar biasa, karena sektor logistik bertanggung jawab atas pengiriman ratusan, bahkan ribuan barang dalam sekali jalan. Oleh karena itu pekerja harus cepat dan juga teliti, dan biasanya pekerjaan ini membutuhkan sebuah sistem untuk menghindari human error yang dapat terjadi. 

Disini teknologi berperan besar, dalam pengaturan penjadwalan, hingga pelacakan barang. Salah satu contoh sistem otomatisasi dalam dunia logistik adalah TMS atau Transportation Management System. Sistem otomatisasi juga merupakan investasi jangka panjang bagi perusahaan Anda, karena akan menghemat biaya serta waktu juga. Karena di dunia logistik Time is Money!

Ketatnya persaingan yang terjadi.

Meningkatkan keuntungan lebih adalah tujuan utama bagi sebuah perusahaan. Tetapi untuk meningkatkan keuntungan, perusahaan juga harus meningkatkan pelayanan bagi para pelanggan. Inovasi menarik dapat menarik pelanggan baru, dan membuat perusahaan Anda tetap relevan di revolusi industri 4.0!

Inovasi yang dapat ditingkatkan bisa berupa marketing strategy yang baik, mengaktifkan social media page, dan membuat konten menarik untuk generasi millenials, supaya memiliki target market yang fresh dan baru. Mulailah berinovasi dari sekarang supaya perusahaan Anda tidak tertinggal di revolusi industri 4.0.